BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Selasa, 08 Desember 2009

NASA Cari Asteroid yang Mengancam Bumi

WISE (Wide Field Infrared Survey Explorer) (Foto: Wikipedia)
LOS ANGELES - Teleskop luar angkasa NASA terbaru akan 'memindai' langit, mencari asteroid yang belum pernah terlihat untuk dimasukkan ke dalam daftar objek yang potensial membahayakan Bumi.

WISE (Wide Field Infrared Survey Explorer) dijadwalkan segera meluncur sebelum fajar pada Jumat pekan ini dari Vandenberg Air Force Base California dengan roket Delta 2.Jika semua berjalan sesuai rencana, WISE akan mengitari jarak sekira 325 mil diatas permukaaan Bumi dan menghasilkan pemetaan alam semesta paling lengkap.

Teleskop ini dirancang untuk mendeteksi objek yang melepaskan cahaya inframerah atau panas. Cahaya inframerah sangat ideal untuk menyingkap sebuah objek jarak jauh yang dingin dan berdebu yang jarang terlihat oleh teleskop optik. "NASA berharap misi ini menemukan jutaan objek yang sulit dilihat," kata Edward Wright dari University of California, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (8/12/2009).

"Ini adalah misi sesungguhnya untuk mensurvei apapun yang ada di luar sana. Apa yang coba kami lakukan adalah membuat peta alam semesta," tambahnya.Para ilmuwan memperkirakan, WISE akan membutuhkan waktu selama enam bulan untuk meneliti seluruh angkasa. Teleskop ini akan mengitari Bumi 15 kali sehari dan menghasilkan sekira 7.500 pencitraan setiap harinya dalam ukuran empat panjang gelombang sinar infra merah.WISE akan mengarsipkan data lokasi dan ukuran objek yang dekat dengan Bumi seperti asteroid dan komet yang berpotensi membahayakan Bumi.

Source : www.okezone.com

0 komentar: